Mengenal Rumah Joglo yang Tampil Cantik Dengan Paduan Modern dan Tradisional

Masing masing daerah di Indonesia memang memiliki keunikan tersendiri. Baik dari budaya sampai dengan rumah tradisionalnya yang juga memiliki arsitektur indah. Seperti halnya rumah Joglo yang hingga kini masih menjadi hunian pilihan. Tidak sedikit juga yang memadukan dengan unsur modern yang membuatnya tampil lebih unik.

Sejarah dan Filosofi Rumah Adat Joglo

Rumah adat Joglo merupakan rumah adat dari daerah Jawa Tengah dan termasuk yang paling terkenal. Walaupun saat ini tidak banyak untuk dijadikan sebagai hunian, karena lebih menarik untuk dijadikan sebagai hotel atau restoran. Pada zaman dahulu memang keberadaan rumah ini sebagai simbol status sosial yang mampu secara finansial.

Mengingat bahan bahan yang digunakan untuk membuat Joglo tidaklah murah. bukan hanya membutuhkan biaya yang banyak, waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan juga tidak sebentar. Sehingga dahulu banyak ditemukan sebagai rumah raja, pangeran ataupun para bangsawan. Berbeda dengan saat ini yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Sementara rumah adat Joglo ini terdiri dari dua kata yakni Tajung dan juga Loro. Dari keduanya diartikan sebagai dua tajung yang digabungkan. Tajung merupakan bagian bangunan yang bentuknya seperti piramida dan biasanya dijadikan sebagai atap bangunan. Sekilas bentuknya mirip dengan gunung dan dulu gunung adalah tempat yang sakral.

Kemudian pondasi utamanya akan menopang seluruh bagian bangunan. Memiliki bagian teras luas tanpa sekat yang akan memudahkan dalam menjalin silaturahmi dengan tetangga sebagai filosofinya. Setiap bangunan Joglo juga akan memiliki jendela jendela besar yang jumlahnya banyak. Bentuk jendela ini menjadi warisan dari Kolonial Belanda yang berpadu dengan arsitektur Jawa.

Bukan hanya pada tiang atau jendela, pintu pada Joglo juga tepat di tengah ruangan. filosofinya akan menggambarkan keterbukaan juga keharmonisan dari pemilik rumah ataupun orang lain. Biasanya juga akan ada pagar dari tanaman perdu dengan tinggi tidak sampai 1 meter. Hal ini juga bertujuan untuk memudahkan interaksi dengan para tetangga.

Dari semua detail bangunan, menunjukkan jika pada zaman dahulu sangat menjunjung kerukunan antar tetangga atau kehidupan sosial yang harmonis. Walaupun rumat adat dari Jawa Tengah ini menjadi gambaran status sosial tertentu. Sangat identik dengan kalangan menengah atas mengingat bahan untuk pembuatan rumah tidaklah murah.

Keunikan yang Dimiliki Rumah Adat Joglo

  1. Memiliki Arsitektur yang Khas

Tidak hanya memiliki filosofi yang kental, rumah adat Joglo juga memiliki keunikan tersendiri. Dimana sebenarnya rumah ini memiliki bangunan utama kemudian dengan rumah tambahan. Rumah Joglo memiliki desain arsitektur yang unik dan juga memiliki karakter yang kuat. Membuatnya tidak ketinggalan zaman dan tetap disukai sampai saat ini.

Hal ini terlihat dari desain ruangannya, fungsi sampai dengan arsitekturnya. Setiap ruang akan memiliki karakter yang unik dan kuat. Nilai filosofi juga menyertai hampir di setiap bangunannya. Membuat hunian Joglo akan lebih istimewa dibandingkan dengan hunian lainnya.

  1. Terasnya yang Luas

Mungkin saat ini akan sulit menemukan rumah dengan teras yang begitu luas. Tetapi dalam rumah adat Joglo, teras yang luas menjadi ciri khasnya. Teras yang ada luas dan tidak menggunakan sekat sama sekali, yang ternyata juga hampir sama dengan bentuk teras rumah di Jawa lainnya. Dengan teras yang luas berinteraksi dengan tetangga akan dianggap lebih mudah.

  1. Penyangga Tiang Jumlahnya 4

Walaupun sebenarnya jumlah tiang untuk hunian Joglo ini banyak jumlahnya. Tetapi tiang utamanya selalu menggunakan jumlah empat atau yang dikenal dengan saka guru. Saka guru menjadi pondasi utama yang akan menopang seluruh bangunan rumah. Umumnya akan diikuti dengan bentuk serta ukuran rumah yang besar juga terlihat megah.

  1. Adanya Pintu di Tengah Ruangan

Pada rumah modern saat ini, anda bisa melihat jika pintunya bisa berada di mana saja. tetapi untuk rumah adat Joglo, pintu utamanya selalu berada di tengah. Umumnya memang memiliki tiga pintu yang berada di kanan kiri juga di tengah. Peletakkan pintu ini ternyata mirip dengan kupu kupu yang akan terus berusaha demi keluarga besarnya.

Bagian Bagian Dari Rumah Adat Joglo

  1. Pendapa

Tidak hanya memiliki keunikan, masing masing bagian dari rumah adat Joglo juga memiliki fungsi yang berbeda. Bagian pertama yang yakni pendapa, dimana ruangan ini berada pada bagian depan rumah. Biasanya bagian ini akan dijadikan sebagai ruang jamu tamu yang datang ke rumah. Namun ada beberapa yang memiliki jalan sendiri untuk bisa masuk ruangan ini.

Selain untuk menjamu para tamu, tidak jarang juga dijadikan sebagai lokasi untuk tempat menggelar kegiatan formal. Mulai dari upacara adat, pagelaran seni hingga pertemuan pertemuan khusus. Hal ini mungkin tidak berlaku lagi untuk saat ini, tetapi lebih berlaku saat zaman kerajaan dahulu. Mengingat rumah Joglo identik sebagai hunian kalangan atas.

  1. Pringgitan

Bagian berikutnya bernama pringgitan yang juga bisa dikatakan sebagai ruang tengah. Umumnya akan digunakan untuk menyambut keluarga atau kerabat dekat. Lokasinya berada di antara pendopo juga rumah bagian dalam. Bisa juga difungsikan sebagai jalur masuk untuk menuju rumah adat Joglo. Bentuk ruangannya cukup unik dengan bagian atap limasan.

  1. Omah Njero

Perlu anda ketahui jika semakin masuk ke dalam ruangan maka akan semakin privasi. Omah Njero atau bagian dalam ini yang menjadi tempat untuk tinggal. Bisa juga difungsikan sebagai tempat berkumpulnya keluarga inti. Dan ada juga yang memposisikan lantai pada bagian ini menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan ruangan lainnya.

  1. Emperan

Emperan menjadi bagian yang merupakan perantara dari pringgitan juga omah njero. Anda bisa menemukan ruangan dengan dua buah kursi kayu ataupun meja. Tidak jarang juga difungsikan untuk menyambut tamu ataupun bersantai. Suasana bagian ini juga akan lebih sejuk , sehingga cocok untuk bersantai.

  1. Senthong

Senthong sebenarnya dibagi dalam beberapa bagian, tergantung letaknya dimana. Fungsinya bisa digunakan sebagai kamar tidur, gudang, ruang penyimpanan makan ataupun lainnya. Sementara untuk bagian yang lainnya juga akan memiliki fungsi tersendiri. Intinya Senthong merupakan ruangan ruangan yang bisa difungsikan sesuai keinginan pemilik.

  1. Gandhok

Sebenarnya Gandhok merupakan ruangan tambahan yang berada di sekeliling rumah. Penempatannya bisa di sisi samping ataupun di belakang dari bangunan utama. Difungsikan untuk keperluan tambahan yang tidak bisa dilakukan di rumah utama. Bisa juga dimanfaatkan untuk tempat tidur keluarga ataupun tamu yang sedang menginap.

  1. Bagian Belakang Rumah

Memang rumah adat Joglo identik dengan bangunan yang luas juga megah. Sehingga wajar jika memiliki bagian belakang rumah juga. Bagian belakang bisa difungsikan untuk sumur, kamar mandi, ataupun dapur di luar. Bisa juga difungsikan untuk menjemur pakaian atau kegiatan lainnya.

Ide Desain Untuk Rumah Adat Joglo yang Modern

  1. Memadukan dengan Open Roof

Siapa bilang rumah adat ini tidak bisa hadir dengan lebih modern dan kekinian. Anda bisa menjadikan hunian Joglo dengan model Open Roof agar terlihat lebih cantik. Jika memperhatikan bagian depan, memang akan identik dengan rumah adat Joglo. Ada empat penyangga yang yang bisa digunakan sebagai teras rumah dan pintu yang juga di bagian tengah.

Yang membuatnya berbeda yakni penggunaan material kaca fiber yang berpadu dengan material kayu. Sehingga memberikan kesan yang lebih modis juga modern. Di bagian samping rumah bisa ditambahkan area open roof dengan bagian belakang menggunakan atap khas Joglo. Penggunaan roster beton juga taman minimalis juga akan mempercantiknya.

  1. Memadukan dengan Batu Alam

Batu alam bisa memberikan kesan yang mewah pada bangunan. Sehingga jika anda tambahkan dengan ciri khas Joglo juga tidak akan timpang. Memiliki bagian atap khas Joglo tetapi dinding bangunannya menggunakan material batu alam. Semakin manis dengan tambahan taman minimalis di depannya. Bisa juga membuatnya menjadi lantai 2 tanpa meninggalkan atap khasnya.

  1. Joglo Minimalis

Gaya minimalis di masa kini memang lebih banyak dipilih bagi sebagian orang. Tidak banyak ornamen yang diberikan tetapi justru memberikan kesan cantik. Joglo juga bisa disulap menjadi hunian modern minimalis yang indah. Bagian atapnya tidak berubah, tetapi terdiri dari dua atap yang dibuat berdampingan dan juga menggunakan banyak material kayu.

Yang  membuatnya semakin cantik yakni penggunaaan kaca yang bukaannya besar. Tujuannya tentu memperlancar sirkulasi udara sekaligus sebagai cahaya alami. Anda bisa menggunakan tirai ataupun gorden jika ingin lebih privasi. Bagian belakangnya bisa ditambahkan halaman yang juga bisa difungsikan sebagai kolam renang ataupun tempat santai.

  1. Dipadukan dengan Unsur Jepang

Rumah Joglo juga bisa dibuat modem dengan sentuhan Jepang yang semakin terlihat unik. Dekorasi Jepangnya bisa ditambahkan dari lampu klasik khas Jepang yang bentuknya kotak. Kemudian juga bisa menambahkan kolam ikan yang berada di sekitar rumah. Atau bisa juga dengan memberikan sentuhan pada bagian interiornya, tetapi desain luarnya tetap ciri khas Joglo.

  1. Dengan Atap Putih

Biasanya hunian Joglo identik dengan warna coklat dari unsur kayu atau gentengnya. Tetapi bisa juga mendesainnya dengan atap putih yang terlihat lebih modern. Selain lebih modern kesan yang ditimbulkan juga akan berbeda sekalipun pada atapnya saja. Terlihat lebih menarik jika daun pintu ataupun bingkai jendela menggunakan warna biru atau hijau tosca.

Penataan minimalis juga bisa diterapkan pada ide desain rumah cantik ini. Karena anda bisa menambahkan kolam ataupun model taman minimalis. Dekorasi menawan juga bisa turut ditambahkan untuk kenyamanan. Memberikan kesan yang asri tetapi tidak membosankan karena dominan dengan warna putih yang cantik, juga beberapa warna lainnya.

  1. Memadukan Modern dan Oriental

Memadukan dua desain sekaligus juga bukan ide yang buruk untuk membuat hunian tampil lebih cantik. Perpaduan modern dan oriental bisa dilihat dari susunan kayunya yang menawan. Kemudian bisa ditambahkan dengan dinding batu alam serta taman minimalis Untuk membuat suasananya makin megah, bisa juga menambahkan lampu taman.

Rumah adat Joglo sampai sekarang memang masih bisa ditemukan. Unsur tradisional yang kental juga tidak lepas dari filosofi pembangunannya. Selain itu juga ada beberapa desain modern dari Joglo yang akan membuat hunian makin cantik. Untuk mengetahui lebih banyak inspirasi hunian nyaman, anda bisa mengunjungi Rumarumi.com.